Cara Menggunakan If Excel

Cara Menggunakan If Excel. sudah menjadi rahasia umum bahwa cara penggunaan if excel tidak diragukan lagi manfaatnya. tidak hanya digunakan di sekolah, di kantor dan bank, rumus atau fungsi if excel juga menjadi kebutuhan dalam menentukan suatu kondisi dari beberapa kondisi yang ada. sebagai contoh, penerapan cara pakai if excel dalam menentukan kelulusan siswa dalam suatu mata pelajaran tertentu. dapat juga untuk menentukan calon karyawan apakah diterima atau tidak dari syarat yang telah ditentukan perusahaan tertentu. contoh soal rumus if excel sangat membantu dalam menentukan keputusan yang terbaik dalam mengambil tindakan selanjutnya.

cara menggunakan if excel 2007, 2010, 2003, 2013 tidak mengalami perubahan dalam menggunakan logika if excel. contoh if pada excel tergatung dari jumlah kondisi yang ada. atau dengan kata lain banyaknya jumlah syarat menentukan jenis dari contoh soal if dan jawabannya. disini kita mengenal if tunggal, if ganda dan if bercabang atau multi. dikatakan if tunggal jika hanya ada satu syarat saja. namun jika ada dua syarat maka dinamakan if ganda. adapun jika ada 3 atau lebih syarat maka disebut dengan if bercabang, multi atau bertingkat.

pada kesempatan kali ini dibahas tentang cara menggunakan if excel tunggal, ganda dan bertingkat beserta contoh if di excel 2010, 2007 atau lainnya. cara menggunakan rumus if pada excel baik tunggal, ganda maupun bercabang hanya ada sedikit penambahan dalam penulisannya. dan pada umumnya menggunakan rumus yang sama dengan penambahan syarat saja. contoh if tunggal, jika nilai siswa diatas 70 maka lulus dan selainnya tidak lulus. untuk contoh if ganda, jika nilai teori diatas 70 dan nilai praktek diatas 70 maka lulus dan selain itu gagal. adapun contoh soal if multi, jika nilai teori kurang dari 50 maka siswa lulus dan jika nilai teori antara 50 sampai 70 maka siswa remidi dan jika nilai teori lebih dari 71 maka siswa lulus.

mohon maaf disini tidak menjelaskan cara menggunakan if c++. penulisan if yang digunakan dalam bahasa pemrograman c++ berbeda dengan cara menggunakan if excel. cara menggunakan fungsi if pada excel cenderung lebih mudah daripada bahasa pemrograman c++ atau bahasa pemrograman lainnya seperti java. meskipun tujuan penggunaan fungsi if sama antara software pemrograman tersebut.

Contoh Cara Menggunakan IF Excel

Contoh If Tunggal pada Excel
Menentukan apakah siswa lulus atau tidak dalam nilai teori dengan satu ketentuan atau satu syarat tertentu. jika nilai teori siswa dibawah 70 maka siswa harus mengikuti remidi namun jika nilai teori siswa 70 keatas maka siswa lulus.
Cara Menggunakan If Excel
contoh if tunggal
untuk menentukan apakah siswa lulus atau tidak pada tabel diatas, tulislah =IF(B4<70,"Remidi","Lulus") pada shell C4 seperti pada gambar dibawah. dan tekan Enter di keyboard untuk melihat hasilnya. maka siswa Andri dinyatakan Lulus karena nilai teorinya lebih dari 70 yaitu 71.
Cara Menggunakan If Excel
rumus if tunggal
Cara Menggunakan If Excel
hasil fungsi if tunggal
adapun untuk menentukan kelulusan siswa lainnya silahkan tarik kebawah pada pojok kanan bawah shell C4 sampai shell C9. maka hasilnya terlihat pada tabel dibawah.

Cara Menggunakan If Excel
hasil keseluruhan pada if tunggal
Contoh If Ganda pada Excel
Cara Menggunakan IF Excel bentuk ganda misalnya untuk Menentukan apakah siswa lulus atau tidak dalam nilai teori dan praktek. jika nilai teori dan praktek siswa dibawah 70 maka siswa harus mengikuti remidi namun jika nilai teori dan praktek siswa 70 keatas maka siswa lulus.
Cara Menggunakan If Excel
contoh if ganda
untuk menentukan apakah siswa lulus atau tidak pada tabel diatas, tulislah =IF(OR(B4<70,C4<70),"Remidi","Lulus") pada shell D4 seperti pada gambar dibawah. dan tekan Enter di keyboard untuk melihat hasilnya. maka siswa Andri dinyatakan Lulus karena nilai teori dan prakteknya lebih dari 70.
Cara Menggunakan If Excel
rumus if ganda or
Cara Menggunakan If Excel
hasil if ganda
Contoh If Bertingkat pada Excel
Cara Menggunakan IF Excel bentuk bertingkat misalnya untuk Menentukan apakah siswa lulus atau tidak dalam rata-rata nilai teori dan praktek mata pelajaran matematika. jika nilai rata-rata siswa dibawah 50 maka siswa gagal dan jika nilai rata-rata siswa 69 kebawah maka harus mengikuti remidi namun jika nilai rata-rata siswa 70 keatas maka siswa lulus.
Cara Menggunakan If Excel
contoh if bertingkat
untuk menentukan apakah siswa lulus atau tidak pada tabel diatas, tulislah =IF(D4<50,"Gagal",IF(D4<=69,"Remidi","Lulus")) pada shell E4 seperti pada gambar dibawah. dan tekan Enter di keyboard untuk melihat hasilnya. maka siswa Andri dinyatakan Lulus karena nilai teorinya lebih dari 70 yaitu 73.
Cara Menggunakan If Excel
rumus if bertingkat
Cara Menggunakan If Excel
hasil if bertingkat
demikian artikel tentang cara menggunakan if excel. semoga memberikan pembahasan yang mudah dipahami dalam rangka mempelajari cara menggunakan if di excel 2007, 2010, 2003 atau 2013. selamat mencoba !

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Menggunakan If Excel"

  1. keren dan oke nih. tak dapat dipungkiri kehandalan excel dalam mengelolah data. happy blogging gan.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy blogging jg gan. thanks dah mampir ...

      Hapus